About

Header Ads

Wisata Banyuwangi, 1. Tempat paling Instagrammable ala Lord of the Rings: Jawatan Benculuk

Wisata Banyuwangi, 1. Tempat paling Instagrammable ala Lord of the Rings: Jawatan Benculuk




Indonesia > Banyuwangi >

English version: https://indonesia.tripcanvas.co/banyuwangi/unique-things-to-do/

Meskipun masih terletak di Pulau Jawa, mungkin banyak dari Anda yang belum pernah menginjakkan kaki di Banyuwangi.

Kota di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini merupakan ‘jembatan’ penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Dan karena kedekatan lokasi dengan Pulau Dewata, jangan heran kalau beberapa tradisi dan kesenian di Banyuwangi juga memiliki sedikit kemiripan dengan di Bali.

Tak hanya tradisinya, keindahan alam Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Bali. Bahkan, awal tahun 2016 lalu Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Setidaknya ada tiga buah destinasi wisata di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia. Makanya, sayang sekali kalau Anda yang orang Indonesia saja belum pernah berkunjung ke tempat yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

Dari pantai-pantai berpasir putih nan indah, pegunungan dengan kawah-kawah memukau, taman-taman nasional ala di Afrika, air terjun, sampai aneka tradisi luhur nenek moyang menjadi daya tarik yang membuat Banyuwangi pantas disejajarkan dengan “tetangganya”.

Ingin ke sana untuk pertama kalinya? Tenang, kami akan memberikan sedikit panduan agar Anda bisa mendapat pengalaman liburan dengan maksimal.

Cara ke sana

Dari JakartaDari Bali

Dengan Kereta Api

Dari Stasiun Gambir (GMR) Jakarta naik Kereta Api jurusan Surabaya Gubeng. Bangun Karta mulai dari Rp750.000,- PP / Bima mulai dari Rp790.000,- PP. Dari Stasiun Gubeng (SGU) Surabaya. Naik lagi Kereta Api jurusan Stasiun Banyuwangi Baru (BW). Sri Tanjung mulai dari Rp188.000,- PP atau Mutiara Timur mulai dari Rp200.000,- PP

Dengan Pesawat:

– Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) naik Lion Air ke Bandara Juanda Surabaya (transit). Dari Bandara Juanda sambung naik Wings Air ke Bandara Blimbingsari (BWX) Banyuwangi. Mulai dari Rp1.550.000,- PP.

Atau

– Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Juanda (SUB) Surabaya naik Lion Air, mulai dari Rp870.000,- PP. Dari Bandara Juanda naik Bus Damri ke Terminal Bungurasih. Tarif Rp50.000,- PP. Dari Terminal Bungurasih naik Bus jurusan Banyuwangi mulai dari Rp60.000,- PP.

1. Tempat paling Instagrammable ala Lord of the Rings: Jawatan Benculuk

Pada tahun 1952, tempat  ini sebetulnya bukan dibangun untuk tempat wisata, melainkan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

8-1-Jawatan-Benculuk-by-linggapriadi-
Photo by linggapriadi

Namun keberadaan pohon-pohon trembesi yang rindang dan menjulang tinggi menciptakan sebuah pemandangan nan eksotis sekaligus misterius, sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati pesonanya.

8-2-Jawatan-Benculuk-by-dhanukp
Photo by dhanukp

Kalau Anda hobi hunting foto, maka saat yang paling tepat ialah di sore hari ketika sinar matahari menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan sehingga tampak begitu magis, layaknya pemandangan hutan yang ada di film Lord of the Rings.


8-3-jawatan-via-oingku-
{hoto via oingku

Tak heran jika di sore hari, kawasan ini kerap dikunjungi warga untuk bersantai menikmati udara segar, bersepeda, berolahraga, atau bahkan melakukan foto pre-wedding!


8-4-jawatan-via-ahmadsyafa14
Photo via ahmadsyafa14

Selain menyuguhkan keindahan alam, kawasan wisata Jawatan juga menawarkan beberapa aktivitas lain seperti memancing dan arung jeram, tentu saja dengan biaya tambahan.

8-5-Jawatan-Benculuk---Arung-Jeram

Jawatan Benculuk

Lokasi: Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Koordinat di sini. Tiket Masuk: Gratis


Dari tempat wisata, tempat menginap, sampai tempat makan paling keren di Banyuwangi sudah kami ulas di atas. Tentu tak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi favorit liburan Anda dan keluarga.

Apakah masih ada tempat-tempat menarik di Banyuwangi yang belum kami cantumkan di atas? Kami tunggu masukan Anda!

Travel Writer
Mantan editor majalah yang memutuskan untuk berburu sunset. Selain menulis atau bersantai di pantai, dia juga aktif di green-books.org, sebuah LSM non-profit yang misi utamanya adalah memasyarakatkan eco-literacy dengan menghadirkan eco-library bagi anak-anak di seluruh Indonesia. 
Sumber,

Posting Komentar

0 Komentar