About

Header Ads

Wisata Banyuwangi, 11. Pantai-pantai yang tak kalah dengan di Bali: Pantai Sukamade, Pantai Plengkung, Teluk Hijau, Pulau Tabuhan

Wisata Banyuwangi, 11. Pantai-pantai yang tak kalah dengan di Bali: Pantai Sukamade, Pantai Plengkung, Teluk Hijau, Pulau Tabuhan






English version: https://indonesia.tripcanvas.co/banyuwangi/unique-things-to-do/

Meskipun masih terletak di Pulau Jawa, mungkin banyak dari Anda yang belum pernah menginjakkan kaki di Banyuwangi.

Kota di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini merupakan ‘jembatan’ penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Dan karena kedekatan lokasi dengan Pulau Dewata, jangan heran kalau beberapa tradisi dan kesenian di Banyuwangi juga memiliki sedikit kemiripan dengan di Bali.

Tak hanya tradisinya, keindahan alam Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Bali. Bahkan, awal tahun 2016 lalu Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Setidaknya ada tiga buah destinasi wisata di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia. Makanya, sayang sekali kalau Anda yang orang Indonesia saja belum pernah berkunjung ke tempat yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

Dari pantai-pantai berpasir putih nan indah, pegunungan dengan kawah-kawah memukau, taman-taman nasional ala di Afrika, air terjun, sampai aneka tradisi luhur nenek moyang menjadi daya tarik yang membuat Banyuwangi pantas disejajarkan dengan “tetangganya”.

Ingin ke sana untuk pertama kalinya? Tenang, kami akan memberikan sedikit panduan agar Anda bisa mendapat pengalaman liburan dengan maksimal.

Cara ke sana

Dari JakartaDari Bali

Dengan Kereta Api

Dari Stasiun Gambir (GMR) Jakarta naik Kereta Api jurusan Surabaya Gubeng. Bangun Karta mulai dari Rp750.000,- PP / Bima mulai dari Rp790.000,- PP. Dari Stasiun Gubeng (SGU) Surabaya. Naik lagi Kereta Api jurusan Stasiun Banyuwangi Baru (BW). Sri Tanjung mulai dari Rp188.000,- PP atau Mutiara Timur mulai dari Rp200.000,- PP

Dengan Pesawat:

– Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) naik Lion Air ke Bandara Juanda Surabaya (transit). Dari Bandara Juanda sambung naik Wings Air ke Bandara Blimbingsari (BWX) Banyuwangi. Mulai dari Rp1.550.000,- PP.

Atau

– Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Juanda (SUB) Surabaya naik Lion Air, mulai dari Rp870.000,- PP. Dari Bandara Juanda naik Bus Damri ke Terminal Bungurasih. Tarif Rp50.000,- PP. Dari Terminal Bungurasih naik Bus jurusan Banyuwangi mulai dari Rp60.000,- PP.


11. Pantai-pantai yang tak kalah dengan di Bali: Pantai Sukamade, Pantai Plengkung, Teluk Hijau, Pulau Tabuhan


Pantai memang sering jadi tempat wisata favorit bagi kebanyakan orang untuk liburan. Lokasi Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa menyimpan banyak sekali pantai-pantai dengan keindahan yang begitu memesona tak kalah dengan pantai-pantai yang terdapat di Pulau Dewata. Ini hanyalah sebagian kecil di antaranya.


11-a. Liburan di tengah alam sambil melepas tukik ke lautan: Pantai Sukamade


Alangkah baiknya jika liburan tak hanya sekadar diisi dengan kegiatan hura-hura saja. Cobalah sesekali berlibur sambil melakukan kegiatan yang turut melestarikan alam, salah satunya adalah dengan melepaskan tukik atau bayi penyu ke laut lepas.

Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang kaya akan flora dan fauna, selain bisa menikmati keindahan alamnya, Pantai Sukamade juga terkenal sebagai habitat penyu-penyu raksasa dan langka bertelur.


2-a-1-Pantai-Sukamade-by-littlejaajaa
Photo by littlejaajaa

Jika tertarik ingin melihat peristiwa langka ini, Anda bisa mengikuti tur dengan pemandu yang tersedia di lokasi. Tak hanya itu, Anda pun bisa melakukan pelepasan tukik ke laut cukup dengan membayar sekitar Rp50.000,-/grup kepada UPKP (Unit Pengelola Konservasi Penyu).


PS: Penyu biasanya bertelur pada malam hari (antara 19.30 – 24.00), jadi Anda bisa menginap di penginapan atau wisma yang tersedia di Desa Sukamade yang  berjarak sekitar 4-5 KM dari pantai atau di sekitar Pantai Sukamade.

Pantai Sukamade

Lokasi: Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur Cara ke Sana: Rutenya searah dengan wisata Pantai Teluk Hijau dan Rajegwesi. Dari pusat kota Banyuwangi, Anda mengarah ke Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade.  Jarak dari Teluk Hijau sekitar 15 km dengan akses yang cukup memacu adrenalin, karena Anda akan melewati jalanan berbatu dan melewati sungai. Jalan ini bisa ditempuh menggunakan mobil maupun sepeda motor.


11-b. Surga para peselancar dunia: Pantai Plengkung (G-Land)


Inilah pantai di Banyuwangi yang popularitasnya sudah mendunia. Tak heran, karena pantai berpasir putih yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya termasuk salah satu dari 7 ombak terbaik di dunia!


2-b-1-Pantai-Plengkung----Surfing-by-agentwisatabromo
Photo by agentwisatabromo

Kalau ingin berselancar, waktu terbaik mengunjungi pantai yang juga dijuluki dengan naman G-Land ini adalah antara bulan Juli-September, karena tinggi ombak bisa mencapai 6-8 meter.


2-b-2-Pantai-Plengkung-by-yayangsurya,-edipranto_tarigan
Photo by yayangsurya, edipranto tarigan

Namun kalau Anda bukan pecinta surfing, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini, antara lain menikmati sunset yang spektakuler, bersepeda menyusuri kawasan taman nasional, snorkeling, memancing, atau sekadar berjemur sambil melihat para peselancar beraksi.


2-b-3-Pantai-Plengkung---Fish-by-campurjanggrang,-siateddy
Photo by campurjanggrang, siateddy

Bahkan, kalau mau Anda juga bisa melatih kemampuan yoga Anda dengan berlatih yoga di tepi pantai bersama seorang instruktur asal Australia!

Pantai Plengkung (G-Land)

Lokasi: Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Cara ke Sana: Dari Banyuwangi dapat menggunakan kendaraan bermotor baik pribadi maupun sewa menuju ke Tegaldlimo dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Dari Tegaldlimo dilanjutkan menuju ke Pos Pancur yang berada di Taman Nasional Alas Purwo selama sekitar 30 menit hingga satu jam perjalanan. Dari Pos Pancur ini, anda dapat menuju ke Pantai Plengkung dengan menggunakan tiga pilihan : berjalan kaki selama dua jam, menyewa jeep atau motor trail milik pengelola Taman Nasional Alas Purwo. Koordinat di sini.


11-c. Air laut yang jernih dan air terjun di tepi pantai: Pantai Teluk Hijau


Nama Teluk Hijau diberikan karena jika dilihat dari kejauhan, warna air laut di kawasan ini nampak jernih kehijauan akibat tanaman alga yang tumbuh di dasarnya.


Tempat ini baru mulai popular pada pertengahan tahun 2015, sehingga bisa dikategorikan sebagai pantai perawan. Ditambah lagi dengan rutenya yang terjal dan berbatu, membuat tak terlalu banyak pengunjung ke sini sehingga kondisi pantai ini masih sangat alami.


2-c-2-via-herlambangbgs,-anggirizk
Photo via herlambangbgs, anggirizk

Ombak di pantai ini tergolong cukup aman untuk berenang atau snorkeling. Selain itu, di kawasan ini juga memiliki atraksi alam lain berupa sebuah air terjun di tepi pantai.

Pantai Teluk Hijau

Lokasi: Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi Cara ke Sana:  Jaraknya dari kota Banyuwangi sekitar 90 kilometer yang dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam perjalanan. Dari Pos Rajegwesi, perjalanan dilanjutkan dengan trekking berjalan kaki melewati tebing, lembah dan muara sungai sekitar 2 km untuk menuju pantai (pakai alas kaki yang nyaman, ya!). Opsi lain adalah lewat laut melalui jalur Pantai Rajagwesi dengan menyewa perahu. Ongkos PP sekitar Rp35.000,- selama 15 menit. Koordinat di sini.


11-d. Mendengarkan ‘nyanyian’ angin dan melihat burung langka: Pulau Tabuhan


Pulau mungil ini menawarkan keindahan alam yang begitu memesona dengan hamparan pasir putih dan air bening dengan gradasi nan indah di sepanjang pantainya. Dinamakan Pulau Tabuhan, karena angin yang berhembus di sini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik. Bikin penasaran, kan?


Karena anginnya juga, pulau ini dikenal sebagai destinasi favorit para penggemar aktivitas kite-boarding (selancar layang) atau windsurfing (selancar angin). Bahkan tempat ini pernah jadi lokasi event kitesurfing bertaraf internasional!



Tak hanya bisa dinikmati dengan windsurfing, kawasan Pulau Tabuhan yang dikaruniai terumbu karang dan ikan berwarna-warni juga jadi tempat yang ideal untuk snorkeling. Malas basah-basahan? Anda pun bisa melakukan aktivitas birdwatching dan menyaksikan burung-burung langka, seperti Burung Maleo dan Enggang Gading yang dilindungi, atau menikmati keindahan pantai dari ayunan ala Gili Trawangan.


2-d-3-Pulau-Tabuhan---Snorkeling-by-repathony,-zein_zainal,-dissa_dissull
Photo by repathony, zein zainal, dissa dissull

Dan keunikan lain yang membuat Pulau Tabuhan wajib masuk daftar kunjungan adalah di sini Anda tak hanya bisa melihat sunset yang cantik, namun juga sunrise yang memukau!

Pulau Tabuhan

Lokasi: Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi Cara ke Sana: Dari pusat Banyuwangi, menuju ke arah utara dengan tujuan Desa bangsring. Dari Desa Bangsring, Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan dengan waktu sekitar 30 menit dengan ongkos sekitar Rp500.000,-/kapal (maksimal 10 orang). Koordinat di sini.


Dari tempat wisata, tempat menginap, sampai tempat makan paling keren di Banyuwangi sudah kami ulas di atas. Tentu tak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi favorit liburan Anda dan keluarga.

Apakah masih ada tempat-tempat menarik di Banyuwangi yang belum kami cantumkan di atas? Kami tunggu masukan Anda!

Travel Writer
Mantan editor majalah yang memutuskan untuk berburu sunset. Selain menulis atau bersantai di pantai, dia juga aktif di green-books.org, sebuah LSM non-profit yang misi utamanya adalah memasyarakatkan eco-literacy dengan menghadirkan eco-library bagi anak-anak di seluruh Indonesia. 
Sumber,

Posting Komentar

0 Komentar