About

Header Ads

Wisata Banyuwangi, 5. Restoran dengan panorama seperti di Ubud: Pondok Indah Banyuwangi

Wisata Banyuwangi, 5. Restoran dengan panorama seperti di Ubud: Pondok Indah Banyuwangi






English version: https://indonesia.tripcanvas.co/banyuwangi/unique-things-to-do/

Meskipun masih terletak di Pulau Jawa, mungkin banyak dari Anda yang belum pernah menginjakkan kaki di Banyuwangi.

Kota di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini merupakan ‘jembatan’ penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Dan karena kedekatan lokasi dengan Pulau Dewata, jangan heran kalau beberapa tradisi dan kesenian di Banyuwangi juga memiliki sedikit kemiripan dengan di Bali.

Tak hanya tradisinya, keindahan alam Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Bali. Bahkan, awal tahun 2016 lalu Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Setidaknya ada tiga buah destinasi wisata di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia. Makanya, sayang sekali kalau Anda yang orang Indonesia saja belum pernah berkunjung ke tempat yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

Dari pantai-pantai berpasir putih nan indah, pegunungan dengan kawah-kawah memukau, taman-taman nasional ala di Afrika, air terjun, sampai aneka tradisi luhur nenek moyang menjadi daya tarik yang membuat Banyuwangi pantas disejajarkan dengan “tetangganya”.

Ingin ke sana untuk pertama kalinya? Tenang, kami akan memberikan sedikit panduan agar Anda bisa mendapat pengalaman liburan dengan maksimal.

Cara ke sana

Dari JakartaDari Bali

Dengan Kereta Api

Dari Stasiun Gambir (GMR) Jakarta naik Kereta Api jurusan Surabaya Gubeng. Bangun Karta mulai dari Rp750.000,- PP / Bima mulai dari Rp790.000,- PP. Dari Stasiun Gubeng (SGU) Surabaya. Naik lagi Kereta Api jurusan Stasiun Banyuwangi Baru (BW). Sri Tanjung mulai dari Rp188.000,- PP atau Mutiara Timur mulai dari Rp200.000,- PP

Dengan Pesawat:

– Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) naik Lion Air ke Bandara Juanda Surabaya (transit). Dari Bandara Juanda sambung naik Wings Air ke Bandara Blimbingsari (BWX) Banyuwangi. Mulai dari Rp1.550.000,- PP.

Atau

– Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Juanda (SUB) Surabaya naik Lion Air, mulai dari Rp870.000,- PP. Dari Bandara Juanda naik Bus Damri ke Terminal Bungurasih. Tarif Rp50.000,- PP. Dari Terminal Bungurasih naik Bus jurusan Banyuwangi mulai dari Rp60.000,- PP.


5. Restoran dengan panorama seperti di Ubud: Pondok Indah Banyuwangi


Anda mungkin tak tahu kalau Banyuwangi menyimpan keindahan panorama sawah yang tak kalah indah dibandingkan dengan yang ada di Ubud, Bali. Dan asyiknya, keindahan tersebut bisa Anda nikmati sambil menikmati sajian lezat di restoran Pondok Indah Banyuwangi.



Sang pemilik sengaja mendirikan tempat yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota ini dengan tujuan agar para pengunjung dapat menghilangkan kepenatan di kota sembari menyantap makanan khas Banyuwangi.


13-2-Pondok-Indah---Outdoor-by-andreyongz,-blestarisa
Photo by andreyongz, blestarisa

Lokasinya memang agak tersembunyi, menanjak searah jalur menuju Ijen. Areal parkir sengaja dibuat jauh dari lokasi, agar pengunjung bisa bersantap dengan tenang dan bebas polusi.

Restoran keluarga ini menyuguhkan beberapa pondok kayu yang bisa Anda pilih. Yang paling unik adalah pondok yang berada di lereng berhadapan langsung dengan hamparan sawah berlatar Gunung Ijen. Selain itu ada pula meja-meja di area outdoor yang tak kalah memikatnya.


13-3-Pondok-Indah-by-rijal160
Photo by rijal160

Menu yang wajib dicoba adalah aneka olahan belut khas Banyuwangi, seperti Pepes Oling, Oling Pedas, dan Tongseng Oling. Pokoknya Unagi di restoran Jepang lewat deh!  Tak suka belut? Tenang, ada Nasi Bakar Pedho dan Ayam Bakar Kampung yang juga menggiurkan. Sedangkan minuman andalan di sini adalah Green Diamond Lime yang terbuat dari lime serta timun jepang. Kebayang kan segarnya?


13-4-Pondok-Indah---Drink-by-ditesebastian,-benwi300313,-andika_rahmat,-dennyirawan27
Photo by ditesebastian, benwi300313, andika rahmat, dennyirawan27
Resto Pondok Indah Banyuwangi

Lokasi: Jl. Lijen Km. 8,7, Glagah, Banyuwangi Jam Operasional: 08.00 – 17.00 Harga: Makanan antara Rp10.000 – Rp35.000

Website 

Dari tempat wisata, tempat menginap, sampai tempat makan paling keren di Banyuwangi sudah kami ulas di atas. Tentu tak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi favorit liburan Anda dan keluarga.

Apakah masih ada tempat-tempat menarik di Banyuwangi yang belum kami cantumkan di atas? Kami tunggu masukan Anda!

Travel Writer
Mantan editor majalah yang memutuskan untuk berburu sunset. Selain menulis atau bersantai di pantai, dia juga aktif di green-books.org, sebuah LSM non-profit yang misi utamanya adalah memasyarakatkan eco-literacy dengan menghadirkan eco-library bagi anak-anak di seluruh Indonesia. 
Sumber,

Posting Komentar

0 Komentar